Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Tips Menjaga Keamanan Listrik di Rumah

Monday, October 7, 2024
“Hampir 30% dari 2.286 kasus kebakaran pada 2023 terjadi di bangunan perumahan, dengan lebih dari 50% disebabkan oleh masalah kelistrikan (Data Dinas Gulkarmat DKI Jakarta).”

Mengetahui data kasus kebakaran di atas membuat saya lebih peduli pentingnya menjaga keamanan listrik di rumah supaya terhindar dari bencana. Sudah amankah kelistrikan di rumah? Bagaimana cara mengeceknya? Mari kita simak pembahasan Innovation Talk: Rumah Nyaman, Listrik Aman oleh Schneider Electric.

alat proteksi listrik rumah
Cara menjaga keamanan listrik di rumah, apa saja?


Rumah Tak Hanya Estetik Tetapi Juga Aman


Membahas desain rumah dengan pasangan biasanya seputar fungsi ruangan, warna cat tembok, atau pemilihan furniture. Perlu diingat membangun rumah memiliki dua kriteria penting yaitu faktor keindahan dan keamanan.

Ranu Scarvia Ria Fitri, S. Sn., M. Sn. (Ketua HDII Jakarta) menuturkan konsep rumah sekarang ini semakin penting personalisasi yang mencerminkan kepribadian dan gaya hidup penghuninya. Rumah tak hanya menjadi tempat tinggal tetapi multifungsi sebagai tempat berkarya ataupun bekerja.

Topik penataan rumah dapat menjadi diskusi panjang karena masing-masing memiliki preferensi berbeda. Hal ini dialami pula oleh pasangan selebritis Andrew White dan Nana Mirdad.

innovation talk schneider electric
(ki-ka): Sasha Lauder (MC), M Farhan Lucky (Schneider Electric), Nana Mirdad dan Andrew White (selebritis), dan Ranu Scarvia (HDII Jakarta)

Dalam Innovation Talk pada Kamis, 2 Oktober 2024 lalu di Alila SCBD Jakarta, Andrew menuturkan ingin menjadikan rumah itu tak hanya house (bangunan rumah) tetapi juga home sebagai tempat mengisi energi setelah lelah beraktivitas di luar, tempat yang nyaman bersama anak-anak.

Impian fungsi rumah ini kemudian diwujudkan ke dalam desain interior yang sesuai seperti plafon tinggi dan natural light. Dari segi keamanan listrik, rumah mereka menggunakan produk terpercaya dengan reputasi bagus, membeli produk asli, serta memastikan bahwa para penghuni rumah (termasuk pekerja) tahu prosedur keamanan.

Tips Menjaga Keamanan Listrik Rumah

Listrik telah menjadi kebutuhan primer. Dari bangun pagi hingga tidur malam, aktivitas kita sehari-hari lekat dengan menggunakan alat-alat listrik. Tapi … jujur kalau ditanya soal listrik saya gaptek, huhu….

Alhamdulillah hadir di Innovation Talk by Schneider Electric membuka wawasan mengenai tips menjaga keamanan listrik di rumah, diantaranya:

  1. Cek berkala listrik rumah maksimal 3 bulan sekali. Bila ada masalah, hubungi ahli kelistrikan terpercaya.
  2. Bila listrik sering jeglek perlu periksa penyebabnya apakah ada alat listrik yang rusak, kelebihan daya, atau sebab lain.
  3. Cek kabel listrik apakah ada yang visible. Sebaiknya kabel ditempatkan tersembunyi untuk keamanan.
  4. Pernahkah memegang kulkas, komputer, atau alat listrik lain kemudian terasa tersetrum? Hal ini kemungkinan terjadi karena pertanahannya ada masalah.
  5. Pasang MCB untuk proteksi beban lebih dan korsleting listrik.
  6. Gunakan RCCB sebagai pengaman dari risiko kebocoran arus listrik. Produk ini wajib digunakan di area residensial sesuai PUIL 2020 dan Permen ESDM No.7 tahun 2021 . RCCB memiliki sensitivitas yang cocok untuk perumahan dan apartemen, yaitu 30 mA untuk proteksi terhadap manusia dan 300 mA untuk melindungi bahaya kebakaran akibat arus sisa.
  7. Pemilik rumah wajib memberikan edukasi kepada anggota keluarga dan asisten rumah tangga tentang cara aman menggunakan peralatan rumah tangga, terutama yang terkait dengan listrik dan gas.
schneider electric ev charge
Innovation Talk Rumah Nyaman, Listrik Aman

Produk Schneider Electric untuk Rumah Nyaman, Listrik Aman


Hmm … apa saja yang harus dipasang di rumah supaya listrik aman? Peralatan listriknya juga harus estetik dong supaya rumah nampak indah.

M. Farhan Lucky, Indonesia Business Vice President, Home and Distribution Schneider Electric Indonesia, menjelaskan beberapa produk Schneider Electric untuk mewujudkan rumah nyaman, listrik aman, yaitu:

Sakelar AvatarOn


Sakelar AvatarOn dari Schneider Electric ini memiliki desain premium yang frameless dan timeless. Tersedia dalam empat warna (white, dark grey, wine gold, dark wood) dan unlimited cover design.

Eh, maksudnya bagaimana kok unlimited?

Sakelar dapat menggunakan foto atau desain favorit. Contohnya foto di bawah ini dari jauh nampak seperti lukisan padahal di tengahnya ada sakelar. Mau pakai foto pun bisa. Anakku sudah rikues minta cetak sakelar AvatarOn pakai fotonya saat memegang piala. Cocok dipasang di kamar anak.

sakelar custom
Warna-warni sakelar AvatarOn

Oh ya, sakelar AvatarOn ini bisa dilepas-pasang dengan mudah. Misal mau tukar cover sakelar ruang tamu dengan ruang keluarga. Keren banget!

AvatarOn juga telah dilengkapi fitur “Slim Rocker, Sure Click” yang meminimalkan risiko percikan api serta pencahayaan LED lembut yang berfungsi sebagai locator saat gelap.

Alat proteksi kelistrikan


Schneider Electric memiliki serangkaian produk untuk membantu proteksi kelistrikan seperti MCB untuk proteksi beban lebih dan korsleting listrik, Domae RCCB 30 mA dan 300 mA untuk proteksi kebocoran arus listrik, RCBO dengan fungsi menggabungkan fungsi MCB dan RCCB, serta SPD untuk anti petir.

domae rccb schneider electric
Beragam alat proteksi kelistrikan Schneider Electric

Schneider Charge


Pemilik kendaraan listrik tak perlu bingung lagi mengisi daya karena ada Schneider Charge yang dapat dipasang di rumah. EV charging solution dari Schneider Electric ini terkoneksi dengan PLN sehingga bakal mendapat special price.

Schneider Charge dapat dioperasikan melalui aplikasi smart control – Monta App secara real-time.

charger mobil listrik
EV Charging Solution Schneider Electric tersedia untuk rumah hingga gedung

Itulah beberapa tips menjaga keamanan listrik di rumah. Konsultasi dengan teknisi listrik berlisensi untuk memastikan rumah terlindungi dari bahaya kebakaran, kesetrum dan lonjakan daya listrik, serta menjadwalkan pemeriksaan beban listrik secara rutin demi menjaga keamanan di rumah.


Jangan lupa membeli produk Schneider Electric di official store maupun distributor resmi karena hal ini berhubungan dengan keselamatan manusia. Simpan juga call center Schneider Electric 15055, ya! Rumah nyaman, listrik aman.
8 comments on "Tips Menjaga Keamanan Listrik di Rumah"
  1. Hal-hal ini sebetulnya awam sebaki buat aku mba karena biasanya yang ngurus listrik ya suami. Tapi memang ibu yang lebih banyak ada dirumah perlu paham tentang ini karena listrik aman salah satu urgensi dalam sebuah rumah.. tq sharingnya mba

    ReplyDelete
  2. Keamanan listrik di rumah wajib banget ya, agar rumah terhindar dari kebakaran, kesentrum dll. Etapi make sakelar AvatarOn jadi estetik juga, keep dulu ah, mana tau beli rumah lagi.

    ReplyDelete
  3. Jadi banyak insight deh ikutan talkshow nya, yang tadinya ngga terlalu aware sama urusan listrik, jadi sedikit paham dan mulai aware. Ternyata listrik bukan sekadar urusan bapak bapak ya, ibu juga kudu paham walau cuma bisa bedain MCB sama RCBO

    ReplyDelete
  4. Mantap nih kita jadi diingatkan untuk cek kelistrikan rumah maksimal 3 bulan sekali. Menggunakan produk-produk dari Schneider Electric yang terbaik tentunya ya. Sudah bersertifikasi IEC, SNI serta lolos proses pengendalian mutu. Sakelar AvatarOn makin bikin desain rumah estetik, nyaman dan aman nih :D

    ReplyDelete
  5. Edukasi keluarga memungkinkan terlupakan buat dikasih tahu, padahal ini hal penting juga, biar saling jaga dan memahami "Oh itu, kudu hati-hati. Jangan asal colok. "

    ReplyDelete
  6. Makasih helena buat tipsnya, penting banget memang ya menjaga keamaan di rumah, seperti pelistrikan yang memang sering menjadi penyebab kebakaran.Duh, jangan sampai ya, makanya waspada sejak dini dengan instalasi listrik yang apik

    ReplyDelete
  7. Harusnya edukasi seperti ini sangat perlu disebarluaskan, terutama rumah padat penduduk. Soalnya kalau hanya rumah kita aman soal kelistrikan, tapi tetangga nggak, ketika korsleting dan kebakaran kan rumah kita juga kena efeknya.Makanya kanan kiri tetangga 1 RT kudu paham soal kelistrikan.

    ReplyDelete
  8. Memberi pengethuan dan pemahaman terhadap penghuni rumah soal listrik dan gas ini emang penting banget menurut saya mbak, apalagi saya sering pergi meninggalkan rumah, biar tenang saat di luar rumah

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,