Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Apakah Antiperspirant dan Deodorant Sama? Cek Perbedaannya

Wednesday, July 17, 2024
Siapa yang ketiaknya sering basah dan bau? Kamu yang punya masalah ini pasti akan disarankan menggunakan deodorant maupun antiperspirant ketika sedang berbelanja produk perawatan tubuh. Namun sebenarnya apa yang membedakan keduanya?

Supaya tidak salah pilih, penting bagi kamu mengetahui apakah kedua produk ini sama atau berbeda. Pasalnya masih banyak yang belum paham dan alhasil salah membeli. Lalu apa yang membedakannya dan mana yang sebaiknya kamu beli?

Apa Itu Antiperspirant?


Antiperspirant merupakan produk yang manfaatnya untuk mengontrol maupun mengurangi keringat yang muncul pada tubuh. Khususnya untuk area lipatan di tubuh manusia seperti ketiak yang kerap menimbulkan keringat berlebih.

Cara kerjanya adalah dengan menghambat kelenjar keringat sementara waktu sehingga produksi keringat berkurang. Kandungan senyawa aluminium seperti aluminium klorohidrat di dalamnya berfungsi untuk menyumbat pori kulit sehingga keringat tidak keluar.

Kandungan tersebut jugalah yang mampu mengurangi kelembaban serta menciptakan efek kering pada area ketiak atau lipatan tubuh lain. Nah, mengingat manfaatnya tersebut tidak heran jika banyak yang menganggapnya sebagai deodorant.

Perbedaan Antiperspirant dan Deodorant


Demi memahami kedua produk untuk mengatasi keringat pada ketiak ada perbedaan yang bisa dicermati sebelum membelinya. Perbedaan ini meliputi cara kerja hingga jenis produk, seperti apa penjelasannya kamu bisa simak berikut ini:

Cara Kerja


Seperti pengertiannya, antiperspirant memiliki cara kerja dengan menghembat kelenjar ekrin berkat kandungan senyawa aluminium. Kelenjar ekrin merupakan kelenjar yang fungsinya untuk menghasilkan keringat, jadi dengan menekannya keringat di ketiak tidak akan berlebih.

Deodorant di sisi lain bekerja dengan mengurangi jumlah bakteri penyebab bau tidak sedap karena sifatnya yang antimikroba. Ditambah lagi dengan adanya kandungan wewangian, deodorant dapat bekerja menciptakan aroma tubuh yang harum.

Sumbatan pada Pori Kulit


Antiperspirant sudah pasti akan menutup pori kulit meskipun sifatnya hanya sementara. Mengingat hal inilah cara kerjanya untuk mengurangi keringat di ketiak.

Deodorant tidak mengurangi produksi keringat dengan menyumbat pori. Oleh karena itulah ketika digunakan ketiak masih saja terasa basah namun tidak berlebihan.

Kandungan Produk


Mengacu pada cara kerjanya antiperspirant memiliki kandungan senyawa aluminium aktif seperti aluminium klorohidrat. Lalu apakah antiperspirant berbahaya, senyawa ini tidaklah berbahaya untuk kulit namun bisa mengatasi produksi keringat secara efektif.

Kandungan deodorant berupa zat anti mikroba yang bekerja untuk membunuh bakteri pada permukaan kulit yang menyebabkan bau pada kulit.

Golongan Produk


Apabila dilihat dari klasifikasinya keduanya sangat berbeda. Deodorant merupakan produk kosmetik sedangkan antiperspirant merupakan obat. Karena golongan produk obat maka dalam penggunaanya harus sesuai dengan prosedur lembaga pengawasan obat.

Produk Deodorant Kahf dengan Kandungan Antiperspirant


Tidak harus membeli dua produk yang berbeda jika nyatanya kamu bisa mendapatkan dua jenis produk dalam satu kemasan. Baik itu deodorant dan antiperspirant bisa kamu dapatkan dalam produk Kahf.

Ada tiga deodorant Kahf yang juga memiliki kandungan antiperspirant bisa kamu dapatkan yaitu:

Kahf Extra Dry

Produk deodorant roll dari Kahf ini memiliki kemampuan untuk mengatasi tiga tipe keringat di ketiak yakni karena suhu tubuh, stress hingga keringat karena banyak bergerak.

Efektif 99,9% untuk mengatasi bakteri pada keringat dan memberikan perlindungan hingga 72 jam. Efek kering yang dihasilkan akan membuat kamu menjadi betah beraktivitas seharian.

Kahf Clean Fresh

Sama-sama efektif melindungi selama 72 jam dan mengatasi 99,9 bakteri. Produk roll on 45 ml ini dapat mengatasi lebih dari 500 molekul penyebab bau yang ada di metabolisme tubuh. Kelebihan lain dari produk ini akan terasa bersih, kering dan tetap fresh di ketiak.

Kahf Cooling Power

Deodorant yang juga merupakan produk antiperspirant dari Kahf selanjutnya ini mampu memberikan efek cooling power ketika digunakan. Sangat cocok jika kamu memiliki aktivitas seharian di luar ruangan saat siang hari.

Selain sensasi dingin deodorant ini juga memiliki fitur 100% anti staining dan bebas iritasi. Kamu akan dengan nyaman terlindungi selama 72 jam ke depan.

Mendapatkan perlindungan bebas bau, bakteri dan keringat pada ketiak merupakan bagian penting dari aktivitas sehari-hari kamu dan bisa lebih percaya diri. Pastikan untuk memilih produk perawatan tubuh yang tepat seperti produk dari Kahf yang banyak pilihannya.


Sumber:
https://www.kahfeveryday.com/product-category/deodorant
https://www.halodoc.com/artikel/jangan-keliru-ini-perbedaan-deodoran-dan-antiperspirant
https://www.alodokter.com/memahami-fungsi-antiperspirant-dan-fakta-penggunaannya-terhadap-kesehatan
https://www.kahfeveryday.com/2023/07/14/ini-perbedaan-deodorant-dan-antiperspirant-yang-wajib-kamu-tahu/
https://www.watsons.co.id/id/blog/skincare-id/manfaat-dan-cara-pakai-produk-anti-perspirant
Post Comment
Post a Comment

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,