Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Bermain Bersama Robot di Robopark Indonesia Pluit Village Mall, Jakarta

Sunday, July 21, 2024
Canggih! Pertama kali masuk, saya dibuat kagum dengan aneka bentuk robot di Robopark Indonesia. Ada robot yang luwes menari, ada robot dino yang bisa dinaiki bahkan oleh orang dewasa, dan juga beragam permainan menggunakan robot serta AI tersedia di sini. Ada apa lagi di Robopark Indonesia?

pluit mall village jakarta
Robopark Indonesia Wisata Edukasi Teknologi Robotika


Menembus Kemacetan Menuju Pluit Village Mall, Jakarta Utara

Liburan sekolah ini kakak mengajakku dan keluarga ke dunia robot yang ia ketahui lewat media sosial, yaitu Robopark Indonesia. Jujur saya masih asing dengan tempat ini karena jarang ada yang membahasnya. Lokasinya juga nun jauh di Jakarta utara, lebih jauh dari Kota Tua. Wah, kali ini kami main lebih jauh dari biasanya (padahal masih di dalam provinsi DKI Jakarta, ya).

Robopark Indonesia berada di dalam mall yaitu Pluit Village Mall. Sepertinya mall ini lebih terkenal dengan Cinepolis Junior, bioskop dengan perosotan seru di dalamnya.


Kami berangkat pagi di hari kerja. Saat cek peta, alamak ... kok macet padahal waktu sudah menunjukkan pukul 9. Saya pikir orang-orang sudah berangkat kerja jadi jalan lebih lowong. Nyatanya kami sempat terjebak macet di beberapa titik. *btw, di depan mall ada halte busway Pluit jadi bisa naik transportasi bus Transjakarta juga ke sini.

1,5 jam kemudian barulah kami sampai di Pluit Village Mall . Alhamdulillah ... langsung disambut oleh senyuman meringis dinosaurus. Hi....!

robot dinosaurus jakarta
Begini rasanya naik dinosaurus

Masuk ke Dunia Robot di Robopark Indonesia

Robopark Indonesia merupakan wisata edukasi yang menarik mengenai dunia robot. Eits, bukan terbatas pada mainan robot untuk anak. Di era digital ini kita sudah sangat familiar dengan aneka robot untuk membantu kebutuhan manusia. 

Coba deh, perhatikan rumah dan lingkungan, apa saja benda atau kegiatan yang menggunakan bantuan robot? Ada robot sapu, PlayStation, naik transportasi umum dengan tap kartu, dan banyak lagi.

Bagaimana membuat robot, cara kerja robot, dan info seputar robotik lainnya bisa didapatkan di Robopark Indonesia. Di sini, pengunjung akan didampingi fasilitator yang menjelaskan beragam jenis robot.


Inovasi robotika di Indonesia sangat beragam dan menjangkau berbagai bidang seperti transportasi, kesehatan, pertanian, hiburan, dan sebagainya. Teknologi robot yang dipamerkan di Robopark Indonesia dibuat oleh PT. SARI Teknologi. Ada pula yang bekerja sama dengan Universitas Gunadarma. Mereka juga membuka kelas belajar membuat robot yang dapat diikuti anak-anak hingga dewasa.

Di bawah ini sebelah kiri, ada robot smart trolley yang dapat mengikuti kita saat berbelanja. Ia mendeteksi pakaian penggunanya lewat kamera yang ada di depan. Enggak perlu dorong trolley lagi, deh.

Foto paling kanan yaitu robot gayatri yang bertugas melayani pelanggan seperti menjawab pertanyaan layanan pelanggan berulang dan rekomendasi produk. Layar display di bagian depan dapat berisi iklan produk/jasa.

robot gayatri
mengenal robot troli, robot pelayan, dan bermain virtual reality game

Kegiatan di Robopark Indonesia Bermain dan Edukasi Robotika

Sayangnya lokasi Robopark terlalu jauh dari tempat kami jadi belum bisa ikut kelasnya secara reguler. Tapi ... tetap seru berkunjung ke Robopark Indonesia karena dapat mencoba mengoperasikan robot dan bermain game.

Paling dekat dari pintu masuk, di sebelah kiri ada dinosaurus yang dapat dinaiki. Dino-nya bisa bergerak dan mengeluarkan suara, lho! *untungnya anak-anak santai aja karena tahu itu robot.

Masih di area dino, SID dan saya mencoba memainkan VR game melawan dinosaurus. Ini pertama kalinya kami menggunakan teknologi VR. Huwaaa ... berasa nyata dikejar dino sampai saya mundur cantik. Hahaha.... 

Selain VR dino, SID juga memainkan dance VR. Seperti game DDR mungkin, yah, saya jarang main game begini jadi kurang referensi.


Ada pula game balap mobil (racing simulator) menggunakan game console lengkap dengan setir dan pedal . Uno ikut memainkan ini karena dia paling suka game menyetir mobil. Berhubung kursinya untuk dewasa, bagian depan dan belakang kursi harus diganjal. *baik banget yah kakak pendampingnya.

SID turut memainkan racing simulator dengan santai. Di putaran terakhir ia mampu finish di urutan pertama. Lho ... apa sudah bisa dapat SIM A?

mesin capit boneka gampang
Bermain racing simulator, bertemu robot sapu, dan mesin capit

Beberapa robot yang kami mainkan yaitu robot spider, soccer robot, sumo robot, walking piano, dan alat musik keyboard yang ketika ditekan menggerakkan angklung.

Kami sempat menonton film di mini bioskop 3D. Filmnya bebas pilih. Waktu itu kami menonton film tentang roller coaster panjang ... sampai keliling dunia dan film tentang sea monster. Anak-anak terpukau melihat film yang nampak nyata dengan kacamata 3D dan terguncang-guncang di kursi yang bergerak sesuai alur cerita.


Oh ya, di Robopark juga ada restorannya. Pesanan akan diantar oleh robot, lho! Apakah yang memasak adalah chef robot? Hmm ... kami masih kenyang jadi tidak makan di sana.

Area Robopark tidak terlalu luas tetapi mengikuti anak-anak kesana kemari capek juga. Alhamdulillah setiap tiket mendapat jatah pijat di kursi pijat otomatis selama 5 menit. Maunya saya pakai tiket punya anak-anak juga tapi mereka sudah memanggil untuk eksplorasi lagi.


wisata edukasi robot jakarta
Bermain Subway Surfer, Sumo Robot, dan angklung

Harga Tiket Robopark Indonesia

90 menit di Robopark Indonesia ternyata kurang. Uno baru saja hendak menyetir mobil (lagi) saat petugasnya menginformasikan bahwa waktu bermain sudah habis. Ia sempat mewek karena di-cut begitu saja. Masukan untuk Robopark sebaiknya diingatkan 5-10 menit sebelumnya ya supaya pengunjung dapat bersiap, terutama untuk pengunjung dengan anak-anak.




Satu sesi di Robopark Indonesia maksimal 90 menit. Bebas mau bermain yang mana saja. Untuk harga tiket masuknya Rp 60.000,00 (weekdays) dan Rp 80.000,00 (weekend) per sesi untuk dewasa maupun anak-anak.

Robopark Indonesia terletak di Pluit Village Mall lantai 2 paling ujung, dekat Cinepolis. Menarik banget edukasi lewat permainan di Robopark. Kita dapat mengenal kecanggihan teknologi robotika dan berinteraksi langsung dengan robot termasuk menonton atraksi dance robot seperti di bawah ini.

Mau bermain dengan robot yang mana di Robopark Indonesia?


robopark indonesia
68 comments on "Bermain Bersama Robot di Robopark Indonesia Pluit Village Mall, Jakarta"
  1. Seruuuuuu mbaaa 😍😍😍. serius aku mau ajakin anakku main di sana juga deh. 👍

    Pluit ini memang makin banyaaaak tempat wisata dan kulinernya. Sayangnya dari tempat kita jauuuh aja yaa 😂. Aku pun jaraaaang main ke daerah sana. Padahal dulu pak suami kerja di HSBC pluit bbrp tahun 😅.

    Kereen sih ini ada banyak macam robohnya. Aku aja suka juga kalo wahananya begini sih 😍. Apalagi anak2 yg memang mainannya lbh suka semacam robot drpd boneka atau mobil2an biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru pastinya. Apalagi dinosaurusnya ada yang bisa dinaiki. Boleh juga ni sebagai alternatif edutainment buat anak ya. Jauh juga ya di pluit hehe. Moga kapan-kapan bisa ajak anak ke sana

      Delete
    2. hahaha ini kita sesama timur emang jaoooooh main ke pluit
      niat banget sih ini main ke sana buat ke Robopark trus pulang
      emang seasyik itu!

      Delete
  2. wuah seru sekali mba, mba robopark ini permanent kah ? atau hanya event yang bersifat temporary, pingin datang sama anak-anak cowoku nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. permanen, mbak. Robopark ada kursus robotik juga.

      Delete
  3. ini mah ya, gak cuma anak-anak yang bakalan happy ke sini, bapaknya juga ikutan happy

    ReplyDelete
  4. Wah seru amat, Robopark ini buka terus atau ada periodenya ka? Anak2 pasti amaze eksplorasi macem-macem robot. Sambil main bisa sambil belajar teknologi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini permanen kak, ada jam operasionalnya ya seperti buka-tutup mall tiap hari

      Delete
  5. Akh anak anak bakal betah dan ortu pastinya jadi kepo juga nih dengan teknologinya. HTM sangat terjangkau ini rekomen banget ya kak tempat ini

    ReplyDelete
  6. aaaah serunyaaa... Sayangnya jauh sekali... Kadang masih suka gak bisa nerima kalau sudah gak hidup di Jakarta lagi.. Banyak event dan tempat seru yang gak ada di Malang..
    Tapi kalau kelas robotika nya memang sudah banyak di Malang.. Semoga ada tempat ginian juga di Malang..

    ReplyDelete
  7. Ini yang waktu itu saya tanya pakai waktu atau enggak, ya? Memang kayaknya kurang sih kalau cuma 90 menit. Meskipun tempatnya gak terlalu luas. Tapi, biasanya anak-anak bakal seneng main di sini. Mudah-mudahan aja bisa lebih lamaan, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa perkunjungan 90 menit mbak. Kalau mau nambah waktu ya bayar lagi, hehe

      Delete
  8. Aku jadi penasaran pengin mesen makanan, dan nungguin robot untuk mengantarkannya. Wahana yang asyik buat anak-anak, eh buat dewasa juga kayaknya. Auto masuk list dulu, tiketnya juga masih terjangkau.

    ReplyDelete
  9. Gemeecc..
    Seneng banget anak-anak main di Robopark Indonesia di Pluit Village Mall.
    Ternyata, robot bisa jadi sahabat anak-anak yaa.. Apakah di masa depan, anak-anak ditemenin sama robot di rumah?
    Kereen yaa..

    Btw, ka Helen kalo anter juga beli tiket full?

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh rugi mah kalo cuma antar. Ikutan main aja karena HTM berlaku ke anak maupun dewasa.

      Delete
  10. Aku sempat lihat nih kontennya mbak Helena di IG pas ke Robopark, cuma sampai sekarang aku belum kesampaian ngajak anak-anak ke sana. Jujur, Pluit itu jauh nian dari Depok. Hehehe. Tapi aku sudah niatin mau cuti untuk ajak anak-anak ke sana biar mereka bisa dapat pengalaman seru bermain bareng robot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuul memang nun jauh di sono. Pakai KRL turun jakarta kota trus sambung lagi busway atau taksi kali yaa

      Delete
  11. Seru banget ya kak. Rekomended nih mau ajak krucils kesana. Makasih banyak ud share ya kak🙏😍

    ReplyDelete
  12. Pokoknya wajib ajak krucils kesini nih😍

    ReplyDelete
  13. Lengkap banget reviewnya, mau ajak anak kesini juga. Makasih mam infonya bermanfaat sekali 😍

    ReplyDelete
  14. Wahhh seruu banget si ya bisa berlibur kesini😍
    Aku belum pernah jadi penasaran juga sama wisata yg satu ini deh😍

    ReplyDelete
  15. Seruuuu banget deh bisa berlibur kesini sama anak ya... Aku belum pernah kesini loh, terimakasih ya untuk informasi nya mom🤗

    ReplyDelete
  16. Mba ini seru banget ya tempatnya, infonya lengkap, jadi ga bingung lagi kalo mau kesini. Makasih mba, sukses trs yaaa!

    ReplyDelete
  17. Seru banget mom.. Apalagi kalau anaknya cowok yaa, pasti seneng banget diajak kesini. Selain itu lumayan edukatif juga. aku pun penasaran sama robot-robot gitu

    ReplyDelete
  18. Kayanya anak anak pasti happy deh klo diajak ke robopark..

    ReplyDelete
  19. Keren deh karyanya suka banget 😍

    ReplyDelete
  20. Seruu banget kalo ajak anak-anak kesini pasti happy🥰

    ReplyDelete
  21. Seru bgt ada robopark ❤️❤️❤️ pasti anak2 betah bgt maen kesini

    ReplyDelete
  22. Wah aku baru tau dong. seru banget ya robopark. Kapan2 pengen ajakin anakku ah kesini. Makasih bgt infonya ya mom!

    ReplyDelete
  23. Ih baru tau loh aku. Mau banget ajak anakku kesini! Infonya sungguh berguna mom🩷

    ReplyDelete
  24. Mom kok aku baru tau sih ada Robopark ini? Seru banget, anakku sih pasti seneng banget kalo diajak kesini ga bakal mau pulang fix.

    ReplyDelete
  25. Seru banget ya! Kayaknya keponakanku yang lagi hobi robotik bakalan hepi diajak kesini 😍

    ReplyDelete
  26. Keren banget! Keponakanku yang lagi hobi robotik pasti hepi banget diajak ke sini 😍

    ReplyDelete
  27. Wah baru tau. Seru banget kayaknya ajak anak kesini 😍

    ReplyDelete
  28. Ini beneran aku baru tahu, dan bagus bgt sih ajak anak anak kesini biar dari kecil tahu tentang robot robot di robopark pluit.. Thanks for sharing this info, detail bgt info nya..

    ReplyDelete
  29. Ini event atau permanen yaaa mba ? Seru bgt sih ini pengalaman baru buat anak2

    ReplyDelete
  30. waaah seru sekali mbak, senang bacanya dan ikutan ngerasa seseru ituu, anak anak pasti senang juga di ajak main kesini ,keren keren karya nya ,terima kasih sudah menceritakan sedetail
    itu mbak,ditunggu karya selanjutnya, btw menumbuhkan minat baca itu memang sanggat menyenangkan yaa mbak, dulu aku waktu jaman sekolah sukak sekali baca novel,komik,majalah bahkan bapakku langganan koran dulu, hihi baca blog mengingatkan semua itu 🫶🏻

    ReplyDelete
  31. Waaaah diriku yg deket aja ga tau ada ini. Pas nih bisa sekalian ke Mall PV

    ReplyDelete
  32. Wah seru juga nih ya. Pas nih kl sekalian ke Mall PV bs jd maen seharian

    ReplyDelete
  33. Mike Renalia GoenawanAug 5, 2024, 8:57:00 AM

    Asik nih ke Mall PV bisa seharian ke mana aja skrg deeeh

    ReplyDelete
  34. Mike Renalia GoenawanAug 5, 2024, 8:59:00 AM

    Eeeh kl ada yg bagus buat main ke Mall PV nih. Jd bs seharian kl kemari

    ReplyDelete
  35. Mike Renalia GoenawanAug 5, 2024, 9:03:00 AM

    Dududu main seharian di mall PV makin lengkap ya ditambah ini.

    ReplyDelete
  36. Makin lengkap ya kl ke PV mall. Jadi bs sehariann kl ke sana plus deket lagi dr tempatku.

    ReplyDelete
  37. pastinya seru ya kl main ke sini. Dan ga cuma main tp ada edukasinya juga.

    ReplyDelete
  38. Mike Renalia GoenawanAug 5, 2024, 9:11:00 AM

    Ga perlu jao buat dikit2 ada libur. Mending ke PV Mall ada ini juga ternyata. Makin lengkap pula skrg. Jd bs seharian

    ReplyDelete
  39. Anakku pasti suka banget diajak kesiniii 😍😍

    ReplyDelete
  40. Kapan kapan cobain kesini ah, anakku yg cowo pasti suka banget nih 😍

    ReplyDelete
  41. Seru banget nih kapan kapan mau cobain ah kesini 😍

    ReplyDelete
  42. Wah seru banget aktifitas nya . N jarang" banget lho ada yg review lengkap di blog❤️keren banget

    ReplyDelete
  43. Padahal aku termasuk sering nge mal ke PV tapi pas lagi ga ada acara ini pasti Arsya suka banget bisa liat aneka robot dan atraksi lainnya, kapan ya ada lagi

    ReplyDelete
  44. Menarik sekali experiencenya, berharap wisata edukatif semacam ini bisa hadir lebih banyak lagi. Sayang lokasinya cukup jauh dari rumah, tapi langsung masuk list ketika kami main ke wilayah Pluit 🫶

    ReplyDelete
  45. Serunyaaaa 😍😍😍. Terima kasih rekomendasinya mom

    ReplyDelete
  46. Serunyaaa terima kasih rekomendasinya

    ReplyDelete
  47. Seru banget mbaaa, keren

    ReplyDelete
  48. Wahh seru banget activity nya udah gitu ada kelas nya juga pulak lengkap ini, buat rekomendasi kegiatan akhir pekan ini ✨

    ReplyDelete
  49. Seru banget yaa
    Ini sih bakalan bikin anak aku super happy kalau diajak kesini 💕

    ReplyDelete
  50. Bagus banget sih ini
    Bisa bikin anak aku happy banget suka sama robot bgt dia 💕

    ReplyDelete
  51. Aku baru tau nih ada Robopark, thank you Mam informasinya 🫶

    ReplyDelete
  52. Jadi nostalgi baca blog jam sma dulu seru banget ini liburan nya sambil wisata edukasi

    ReplyDelete
  53. Makasi udah review di blog😍jarang" banget ada review di blog n slengkap ini ... seru banget semua nya buat ajak anak kesini.. anak ku cewe tp agak tomboy jd pasti suka liat robot" gini

    ReplyDelete
  54. Suka banget sama tempatnya! Aku mau info ke keponakan soalnya suka banget main robot. Apalagi ada kelas nya juga lagi

    ReplyDelete
  55. Nostalgia banget nih baca blog ternyata seru ya mam liburan sambil wisata edukasi

    ReplyDelete
  56. Keren bgt iihh Robopark gini, anak-anak psti seneng yaaa 😍

    ReplyDelete
  57. Seru bgt Robopark gini, anak-anak psti seneng 😍😍

    ReplyDelete
  58. Jadi nostalgia baca blog dan seru banget tempatnya bisa sekalian wisata edukasi

    ReplyDelete
  59. Jadi nostalgia baca blog nya dan ternyata tempatnya seru sekalian wisata edukasi

    ReplyDelete
  60. Jadi nostalgia baca blog dan ternyata seru ya mam ini liburan sambil wisata edukasi robotik

    ReplyDelete
  61. Asik banget sih ini bakalan kutandain kalau ke Jakarta ajak Joellyn kemasi

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,